Mechanical Effect Demo 4/11

Puji Tuhan (Alhamdulillah), demo damai umat Islam 4 November 2016 (4/11) lalu telah menggulirkan mechanical effect bagi umat Islam secara khusus dan bangsa Indonesia secara umum. Saya mencatat setidaknya terdapat 4 effect  sebagai berikut.

demo-4-november

Sumber Foto: merdeka.com

Meningkatkan Kepercayaan Diri Umat Islam

Demo yang diikuti oleh setidaknya 2,3 juta orang yang berasal dari berbagai daerah, ormas dan madzhab berjalan secara tertib, bersih dan damai. Hal tersebut membangkitkan kepercayaan diri umat Islam, bahwa umat Islam bisa bersatu dan beradab.

Membangunkan Kesadaran Umat untuk Beraksi

Perlu kita akui bahwa demo 4/11 tersebut adalah sebuah reaksi bukan aksi. Namun, keberhasilan demo tersebut kemudian membangunkan kesadaran umat Islam, bahwa sudah saatnya umat beraksi dalam agenda-agenda kebangsaan dan bahkan agenda-agenda global dalam kerangka rahmatan lil álamiin.

Mungkin saat ini kekuatan umat sebagai “pelaku” masih kecil, tapi setidaknya umat memiliki kekuatan “pasar” yang besar. Apabila kekuatan pasar itu bersatu dan berpihak kepada umat, ia akan menjadi sebuah kekuatan  yang luar biasa. Tidak lagi menjadi pasar yang diperebutkan, tapi umat Islam menjadi pelaku dan bahkan penentu. Contoh ide yang saat ini cukup menggetarkan adalah ide  money rush membesarkan bank nasional dan bank syariah. Bayangkan kalau ide ini bergulir ke sektor lain! Sektor media, industri secara luas, kemudian ke politik.

Menyegarkan Makna Bhineka Tunggal Ika

Selama ini masyarakat Indonesia disibukkan dengan masalah rumah tangga masing-masing, golongan masing-masing, organisasi masing-masing atau partai masing-masing. Secara tidak sadar kita telah terpecah dalam kesibukan masing-masing. Demo 4/11 kemarin telah menyadarkan kita bahwa kita hidup di bumi Indonesia dalam keragaman suku, agama dan ras. Dan itu adalah keniscayaan yang telah ada semenjak Indonesia merdeka. Lebih jauh lagi itu semua adalah fitrah universal. Lantas, benarkah apabila kita saling cuek dan bahkan bertengkar di atas bumi yang satu ini?

Menyadarkan Keberadaan Invisible Hand

Diskusi pasca Demo 4/11 telah memunculkan kesadaran bangsa Indonesia atas keberadaan Invisible Hand yang turut bermain di Indonesia. Panglima TNI secara terang-terangan mengingatkan adanya invisible hand berupa ancaman eksternal yang ingin mengeruk sumber daya Indonesia. Lebih jauh lagi umat Islam kembali diingatkan dengan janji Allah bahwa invisible hand itu memang membuat tipu daya dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Karena Allah adalah sebaik-baiknya pembuat tipu daya, sebaik-baik Invisible Hand!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: