Lembaga Pentashih Website bagi Umat

Di era teknologi internet sekarang ini, semua orang bisa menyebarkan informasi dengan sangat cepat. Informasi menjadi berseliweran di dunia maya. Sebagian orang mabuk informasi: Tidak bisa membedakan mana konten yang benar mana yang salah; mana yang fakta mana yang fitnah. Hal ini menjadi rumit ketika informasi tersebut terkait dengan SARA. Dengan kondisi tingkat kedewasaan informasi masyarakat kita saat ini, fenomena banjir informasi bisa menjadi penyebab disintegrasi bangsa.

Banjir Informasi

Untuk kasus terkait situs web Islam, pemblokiran situs islam radikal seperti yang pernah dilakukan oleh Kemenkominfo beberapa waktu lalu, bukan solusi yang tepat. Ada solusi alternatif yang menurut saya lebih elegan bagi umat Islam, yakni pembentukan Lembaga Pentashih Situs Web, lembaga pemeriksa kesahihan suatu situs web.

Di bayangan saya, Lembaga independen ini ada di bawah Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lembaga ini memiliki portal yang hanya berisi daftar situs yang lolos tashih. Dari portal itu lah, umat bisa mengecek apakah suatu situs web tertentuĀ  layak untuk dijadikan referensi atau tidak. Umat bisa mengusulkan situs-situs baru atau yang belum terdaftar untuk di-tashih. Di bayangan saya, situs-situs yang tidak lolos tashih tidak usah ditampilkan di portal Lembaga Pentashih. Biarlah situs-situs abal-abal mati dalam keheningannya sendiri…

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: