Solikhin Valley

Saat ini Silicon Valley di Amerika Serikat telah menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Berdasarkan data Compass Startup Genome, total PDB perusahaan teknologi di Silicon Valley pada tahun 2015 sekitar USD 535 miliar. Itu berarti senilai dengan 62% PDB Indonesia!

Silicon Valley  bermula dari Sputnik zaman perang dingin. Amerika kebakaran jenggot, perlu segera membangun industri pemasok komponen canggih. Kebetulan lowongan kerja bagi lulusan Stanford University sedang seret. Maka lahirlah Sillicon Valley yang dibesarkan dengan  triple helix  Academics  – Business  – Government (ABG). Gelombang itu terus bergerak sampai dengan saat ini: Defence (HP, Varian) –> Integrated Circuit (Fairchild, Intel) –> PC (Apple, Silicon Graphics) –> Internet-Social Media (Netscape, Yahoo, eBay, Google, Facebook).

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Gagasan mengadopsi Silicon Valley sudah ada sejak 1986 yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan Bandung High Tech Valley (BHTV). Kenapa di Bandung? Karena di Bandung ada ITB dan BUMN-BUMN besar (Telkom, INTI, LEN, IPTN, Pos Indonesia, KAI) yang harapannya bisa meniru ekosistem Silicon Valley. Beruntung ada krisis moneter 1997 yang dapat dijadikan kambing hitam tgagalnya BHTV. Sebab utamanya sebenarnya belum terbentuknya komunitas ABG yang solid yang memungkinkan terbentuknya atmosfer yang nyaman bagi Startups untuk bisa tumbuh dan berkembang. Sampai saat ini, saya belum melihat perbaikan sinergi ABG yang signifikan.

Bandung Valley

Sumber Foto: Kaskus

Meski belum berhasil, orang Bandung tak perlu berkecil hati. Meski belum punya Silicon Valley, Bandung sudah punya Solikhin Valley: Lembahnya Orang-Orang (yang insya Allah) Saleh. Bandung adalah salah satu acuan inovasi gerakah dakwah di Indonesia. Kita punya Salman dengan Latihan Mujahid Dakwah, Daarut Tauhid dengan manajemen Qalbu, Rumah Zakat (sebelumnya DSUQ) dengan manajemen LAZ yang profesional, MAQDIS dengan gerakan tahsin/tahfidz. Yang terbaru di Bandung adalah munculnya Komunitas Pemuda Hijrah (Shift). Nah ini bagian paling menariknya: Bagaimana membuat Solikhin Valley ini sebagai salah satu pendorong Silicon Valley di Bandung?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: