Memberi Kesempatan Kedua

Saya percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk berbuat baik dan buruk.  Oleh karena itu, kita layak untuk memberikan kesempatan kepada orang yang telah berbuat buruk untuk memperbaiki diri.

image

Saya memiliki beberapa pengalaman terkait dengan hal tersebut. Salah satunya, saya pernah memiliki anggota team yang telah berbuat buruk dan berefek cukup fatal bagi organisasi. Saya panggil personil tersebut dan bicara secara personal. Di akhir pembicaraan saya bilang, “saya bisa saja memberhentikan Bapak karena kesalahan yang Bapak lakukan. Tapi saya memberi kesempatan kepada Bapak karena saya melihat Bapak memiliki potensi bagus di sini. Tolong tunjukan kepada organisasi ini kinerja Bapak yang terbaik.”

Alhamdulillah setelah itu ia menjadi salah satu anggota team yang paling handal. Ia bekerja tak kenal siang dan malam. Terkadang kita baru tersadar setelah memperoleh kesempatan kedua. Sayangnya kesempatan kedua sering tak hadir kembali…

Leave a Reply

