Ramadan Sebentar Lagi

Ramadan sudah di depan pintu. Mari kita segarkan ingatan kita tentang Ramadan:
1. Ibadah utama dan wajib di bulan Ramadan adalah puasa. Hakikat puasa adalah menahan (imsak) hawa nafsu. Parameter dasarnya adalah menahan makan/minum dan berhubungan suami-istri dari subuh sampai maghrib. Jadi marah tidak membatalkan puasa, tapi merusak pahala puasa.
2. Hendaklah kita niatkan disetiap malam untuk berpuasa esok harinya. Niat itu letaknya di dada, jadi cukup betikkan di dalam hati. Mengucapkannya tidak dilarang apalagi bila bertujuan untuk menguatkan.
3. Usahakan untuk selalu sahur, meski hanya dengan seteguk air, karena disaat itulah Allah menurunkan keberkahan. Imsak yang dikenal di masyarakat kita, yang seringnya 10 menit menjelang subuh, hanyalah peringatan saja bahwa subuh sudah dekat. Allah membolehkan kita untuk tetap bersantap sahur sampai waktu subuh tiba.
4. Segerakan berbuka ketika waktu maghrib tiba. Tidak usah menunggu adzan di mushola/masjid di sekitar kita, siapa tahu sang muadzin tengah berbuka. Itulah hakikat ta’jil, yakni menyegerakan berbuka, bukan makanan kecil untuk berbuka. Usahakan berbuka dengan buah kurma.
5. Ramadan adalah bulan Al Quran, perbanyaklah membaca dan menelaah kandungan Al Quran.
6. Ramadan itu sangat istimewa namun singkat dan belum tentu akan kita jumpai lagi tahun depan. Pompa semua amal baik kita jauh lebih tinggi dari bulan-bulan biasa. Hidupkan malam-malam Ramadan dengan ibadah. Shalat tarawih adalah sunah yang sangat dianjurkan. Waspadalah di sepuluh malam terakhir, ada satu malam yang kadar pahalanya lebih baik dari seribu bulan. Itulah Lailatul Qadr. Karena itu Rasulullah menganjurkan ber-i’tikaf di masjid.

image

Selamat menyambut Ramadan! Saya sekeluarga mohon maaf atas segala salah dan khilaf. Semoga Ramadan esok adalah Ramadan terbaik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: