Doa Bagi Entrepreneur

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghlabatid dayni wa qahrir rijaal.

Doa di atas adalah doa favorit saya. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah tersebut layaknya pompa semangat bagi setiap muslim dan menurut saya sangat cocok bagi para entrepreneur. Makna doa tersebut kurang lebih sebagai berikut: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran akan masa depan dan kesedihan atas masa lampau. Dan aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas. Dan aku berlindung pada-Mu dari sifat rakus-pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan dominasi/penindasan dari manusia lain.

Doa ini secara implisit juga mengajarkan tips menjalani kehidupan: Masa depan masih belum pasti, tak usah dikhawatirkan. Yang pasti bahwa rezeki setiap mahluk sudah Tuhan siapkan. Masa lampau tak akan kembali, tak usah diratapi. Cukup ambil pelajarannya, mohon ampun atas kesalahan dan iringi dengan kebaikan. Sebab kita hidup di SAAT INI! Maka buanglah rasa lemah dan malas! Berikhtiarlah sesempurna mungkin! Apabila Engkau telah memperoleh hasil atas apa yang Engkau usahakan, janganlah Engkau rakus, pengecut takut kehilangan dan kikir. Sebab hakikatnya semua nikmat adalah dari Tuhan-Mu. Insya Allah jika Engkau disiplin atas semua karakter tersebut, Engkau akan terbebas dari lilitan hutang dan penindasan dari manusia lain. Tapi apabila Engkau juga terlilit hutang dan dalam dominasi orang lain, percayalah, Tuhanmu adalah sebaik-baiknya tempat berlindung dan mohon pertolongan.

One Response to Doa Bagi Entrepreneur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: