Kenapa Orang Bandung Suka Bilang ANJING?

AnjingMungkin Anda pernah bertanya seperti judul di atas. Kadang kata “ANJING” juga dalam beberapa varian: ANJRITT, ANJIRR. Bahkan di beberapa pesantren ada yang memplesetkan menjadi “AJIBB”. Setelah saya analisis dengan menggunakan Teori Teko (Apa yang keluar dari mulut teko adalah apa yang ada di dalam teko = apa yang keluar dari mulut kita adalah apa yang ada di dalam isi kepala kita), ternyata ANJING memang sudah tertanam di pikiran bawah sadar sebagian besar orang Bandung minimal dari 3 aspek sebagai berikut:

  1. Dari aspek historis: Orang Bandung, yang mayoritasnya merupakan orang sunda, secara historis memiliki tautan pemikiran bawah sadar  dengan ANJING. Ingat legenda Gunung Tangkupan Perahu – Sangkuriang? Dalam legenda tersebut, dikisahkan Sangkuriang yang membunuh ANJING-nya, yang tanpa sepengetahuannya, ANJING itu adalah bapaknya sendiri, yang sesungguhnya adalah dewa yang dikutuk menjadi seekor ANJING.
  2. Dari aspek agamis: Orang Bandung, yang mayoritas beragama Islam, secara agamis memiliki tautan pemikiran bawah sadar negatif terhadap ANJING. Menurut agama Islam, ANJING merupakan hewan yang membawa najis berat (kotoran). Untuk membersihkan benda dari air liur ANJING, orang Islam harus mencucinya tujuh kali, salah satunya dengan campuran tanah.
  3. Dari aspek linguistik: Kalau kita perhatikan beberapa kata umpatan, secara linguistik memiliki kemiripan bunyi dengan salah satu kosa kata tertentu dalam suatu daerah. Di Jawa, beberapa orang juga suka mengumpat dengan kata ANJING (ASU) meski tak seintens orang Sunda Bandung. Sepertinya di Sunda dan Jawa, umpatan ANJING merupakan autokritik, soalnya berasal dari kosa kata “Saya”. (Sumber: http://blogs.itb.ac.id/muharif/2007/04/06/selayang-pandang-sundanese/).
  • Versi Jawa: AKU –> ASU
  • versi Sunda: AING –> ANJING

Sumber gambar: http://fotohewan.blogspot.com/2013/01/koleksi-foto-terbaru-anjing-lucu.html

One Response to Kenapa Orang Bandung Suka Bilang ANJING?

  1. metafo says:

    nambah pengetahuan…. hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: