Gong Xi Fa Cai

Lampion Imlek

Kemarin, saya rapat dan makan malam dengan perwakilan China Comservice Indonesia, Deric Wu. Saya ajak istri saya yang baru pulang dari kampus untuk menemani, karena kebetulan Deric juga membawa istrinya, yang ternyata adalah seorang Ph. D di Computer Science.

Dari obrolan ngalor-ngidul itu, saya share sebagian obrolan (translate)  yang menurutku cukup bisa menjadi bahan perenungan kita terkait spirit persahabatan Cina – Indonesia.

Saya bilang ke Deric, “Deric, tau nggak, kalau di agama kami, Islam, nabi kami pernah mengatakan statement ini kepada umatnya: Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina!”

“O ya. Menarik…Kenapa ya?” Tanya Deric dan istrinya.

“Karena menurut agama kami, menuntut ilmu adalah kewajiban. Kami harus mencarinya meskipun itu memakan jarak yang sangat jauh. Dan pada zaman itu, 14 abad yang lalu, peradaban negeri Kamu sudah maju.” Istriku menjelaskan.

Deric dan istrinya manggut-mangut…

“Kalau di Cina, ada ungkapan nenek moyang kami, sesuatu yang jauh dinisbatkan ke kata Jawa,” kata Deric. Sepertinya ia barusan berhasil mencari-cari ungkapan kuno yang terkait dengan Indonesia.

“Mungkin itu terkait sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho ke Jawa ya. Pada waktu itu jarak  Cina – Jawa terasa sangat jauh.” Istri saya menimpali.

“Laksamana Cheng Ho adalah salah satu simbol persahabatan Cina – Indonesia lho,” sahut saya.

Obrolan juga nyrempet-nyrempet masalah Imlek. Bahwa tahun baru Imlek adalah “lebarannya” orang Cina. Kalau di Lebaran ada makanan tradisional ketupat, di Imlek ada dodol, jeruk dan sepasang ikan. Filosofi dodol adalah lengket, maknanya bahwa antar anggota keluarga itu harus dekat. Jeruk dalam bahasa Cina juga bermakna sejahtera, sedangkan ikan bermakna juga berlebih. Maksudnya di tahun baru  semoga senantiasa sejahtera dan mendapat rezeki yang melimpah. Makna sepasang maksudnya agar rumah tangga selalu rukun.

OK, itu saja dulu. Bagi yang merayakan Tahun Baru Imlek, saya ucapkan, “Gong Xi Fa Cai!”

Sumber gambar: http://www.merdeka.com/peristiwa/ribuan-lampion-terbang-warnai-malam-imlek.html

Leave a Reply

