Brainstorming Solusi Banjir Jakarte

Minggu-minggu ini, Jakarta kebanjiran…

banjir jakartaMemang banjir  di Jakarta bukan masalah baru, karena sejak zaman Belanda sudah ada, tapi sayangnya sampai sekarang kita belum  bisa menyelesaikannya.

Kalau kita anggap sebagai sistem, masalah banjir sebenarnya hanya masalah input – output debit air hujan di Jakarta dan daerah penyangga hidrologinya. Karena input jauh lebih besar daripada output, maka terjadilah banjir.

Nah, karena kita belum bisa membuat solusi output yang layak (diantaranya berupa sumur/daerah resapan, kanal banjir, deep tunnel, dan danau penampungan) akibat perlu waktu yang lama, maka kita perlu memikirkan solusi input. Memang solusi input bukan lah solusi untuk jangka panjang, tapi adalah solusi yang bisa kita lakukan dalam waktu yang relatif cepat. Solusi input itu adalah berupa rekayasa cuaca (to engineer the weather), yakni dengan cara mengalihkan hujan di Jakarta dan daerah penyangga hidrologinya (Bogor dan sekitarnya) ke luar, anggap saja ke laut Jawa. Sebenarnya solusi ini juga bukan solusi baru, Kota Beijing pernah melakukannya waktu Summer Olympics 2008 (lihat tautan ini). Kota Moscow juga, tapi  untuk masalah salju (lihat tautan berikut).

Mungkin solusi rekayasa cuaca ini mahal, tapi perlu dibandingkan dengan harga yang harus dibayar akibat lumpuhnya perekonomian dan biaya sosial yang harus ditanggung. Ilmuwan-ilmuwan kita tinggal berpikir bagaimana menggiring hujan dengan biaya yang paling murah. Kalau memang perlu, kita hire saja seluruh pawang hujan di Indonesia…

Sumber foto: http://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-kerahkan-ribuan-personel-atasi-banjir-jakarta.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: