Dari Mana Datangnya Asmara?

Saya yakin sekali Anda semua paham istilah ‘asmara’. Di KBBI, asmara didefinisikan sebagai: perasaan senang kepada lain jenis (kelamin); (rasa) cinta. Tapi, tahukah Anda dari mana kata asmara berasal? Tadinya saya berpikir kalau kata asmara berasal dari bahasa jawa, yang memang mengenal kosa kata asmara (baca asmoro) yang artinya juga kurang lebih sama dengan asmara bahasa Indonesia. Tapi setelah saya membaca Al Quran surat Al An’am ayat 99 , saya baru tersadar, ternyata asmara berasal dari kosa kata arab. Bunyi potongan ayat tersebut sebagai berikut: “undzuruu ilaa tsamarihii idzaa atsmara wa yan’ih” yang artinya “Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya.”

Atsmara memang bahasa arab. Ia berasal dari akar kata tsamara – yatsmuru – tsumuran – atsmara yang berarti berbuah. Saya menduga kosa kata atsmara ini diserap dan dikenalkan ke masyarakat jawa oleh Wali Songo, kemungkinan besar oleh Sunan Kalijaga, yang paling berjiwa seni.

Sebenarnya penggunaan kata asmara ini cukup aneh, karena di arab sendiri tidak dikenal penggunaan kata atsmara sebagai istilah yang berhubungan dengan cinta. Ini bisa kita cek di buku Ibnul Qayyim, Raudhatul Muhibbiin wa Nuzhatul Musytaaqiin (Taman Orang-Orang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu), yang menjelaskan istilah-istilah yang berkaitan dengan cinta.

Alih-alih menggunakan kata tresna (cinta dalam bahasa jawa), Sunan Kalijaga memilih kata asmara, yang maknanya lebih dalam. Sebab asmara berarti berbuah: Pohon memberikan buahnya. Dalam arti luas buah adalah manfaat. Berbuah juga menunjukan kematangan sebuah pohon, sehingga sudah selayaknya asmara lahir dari kematangan jiwa seseorang.

Jadi kalau anda mengaku sedang dimabuk asmara tapi tidak memberikan manfaat kepada yang Anda cintai atau masih sebatas cinta monyet, berarti Anda memang belum memahami makna asmara yang sebenarnya. Selamat berasmara…

Bandung, 1 hari menjelang ultah pernikahan kami

Kredit gambar: http://www.webdesignhot.com/free-vector-graphics/abstract-love-tree-vector-graphic/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: