Geothermal Menyembur di UIN SGD

Sabtu kemarin saya memenuhi undangan salah seorang dosen UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, untuk mengisi kuliah Kapita Selekta di salah satu jurusan di Fakultas Sains Dan Teknologi. Request-nya tentang energi. Jadilah saya pilih judul untuk kuliah itu: Geothermal, Our Future Energy. Mumpung sedang hangat-hangatnya kasus Merapi dan meningkatnya aktivitas gunung-gunung berapi di Indonesia. Kebetulan juga, saya sedikit banyak ikut terlibat pada dua proyek geothermal yang tengah digarap oleh perusahaan tempat saya bekerja.

Sebagai pembuka, kelas langsung saya tembak dengan konsep high risk high return tinggal di Indonesia: Tinggal di atas ring of fire, dengan imbalan potensi geothermal yang melimpah. Kemudian baru saya lanjutkan dengan apa itu geothermal dan bagaimana teknologi pemanfaatannya. Mumpung berada di depan calon-calon penerus bangsa, saya singgung dengan konsep pembangunan integral: Bagaimana agar semua potensi geothermal itu bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan, bagaimana bisa mensejahterakan masyarakat di sekitar sumber geothermal. Di akhir, saya singgung permasalahan mengapa pengembangan geothermal di Indonesia belum optimal.

Mahasiswa-mahasiswa terlihat antusias (ini bukan GR lho :D). Itu terlihat dari diskusi sepanjang kuliah. Seusai memberikan kuliah, saya merasa bahagia sekali: Hari itu saya telah menunaikan tugas berbagi ilmu dan visi dengan mereka…

Leave a Reply

