Dasar si Gabus Tambun!

Pernah makan ikan gabus? Maknyuss kan rasanya. Apalagi kalau dimasak jadi bothok (menu jawa) atau pucung (menu Betawi). Ikan gabus sebenarnya ikan liar yang hidup di air tawar. Kita tidak kesulitan menemukannya di pasar-pasar tradisional. Bahkan sekarang juga dijual di supermarket-supermarket. Hanya saja, memang harganya cukup tinggi. Hal ini dikarenakan kapasitas suplainya terbatas,  akibat sebagian besar mengandalkan tangkapan dari alam. Baru-baru ini saja budidaya gabus mulai dikembangkan.

Lho kok saya tiba-tiba ngomongin soal ikan gabus. Ini gara-gara ikan gabus punya tetangga om saya. Tetangga om saya punya piaraan ikan gabus yang unik. Saking uniknya kemarin sempat ada yang nawar seharga 25 miliar rupiah. Nah, penasaran kan, ada ikan gabus semahal itu.

Konon sih ikan gabus punya tetangga om saya itu memang pinter. Ikan gabus ini suka banget sama bola tenis. Kalau kita taruh bola tenis di akuarium, ikan gabus ini langsung melakukan akrobat: menggiring, menyundul dan sebagainya. Anehnya kalau dikasih bola yang lain, misalnya bola bekel, ia tidak bereaksi. O, iya kalau akuarium itu dideketin ke televisi yang sedang menyiarkan pertandingan tenis lapangan, si gabus itu seneng banget, lonjak-lonjak terus.

Kabar terbaru, si gabus itu kadang  bisa ngilang dari akuarium. Dasar, di Indonesia ini, masyarakat kita suka banget tahayul. Jadilah si ikan gabus ini disebut-sebut sebagai gabus sakti atau gabus jadi-jadian. Kalau saya sih gak percaya gabus itu bisa ngilang sendiri. Mungkin pembantu tetangga om saya itu yang nyebarin berita ini. Padahal dia gak tahu kalau memang ikan gabusnya lagi dibawa ke pameran sama tetangga om saya itu. Wong kata om saya, minggu lalu  saja si gabus itu dibawa ke sebuah pameran ikan di Bali. Mungkin sekalian sambil disuruh lihat kejuaraan tenis dunia di Nusa Dua, biar si gabus itu tidak stress dikurung di akuarium.

O, iya, aku lupa ngenalin nama ikan gabus itu, karena ukurannya besar dan gemuk, ia dikasih nama si Tambun: si Gabus Tambun!

Bandung, 11 November 2010

2 Responses to Dasar si Gabus Tambun!

  1. naninu says:

    gambar ikan gabusnya kurang wig.. hehe

Leave a Reply

