Pelajaran dari Negeri Upin & Ipin

Minggu lalu saya mengunjungi Malaysia lagi, tepatnya di Mid Valley City, Lingkaran Syed Putra. Cuma satu tempat itu saja, karena  hanya perjalanan 1 hari: datang, rapat dan pulang. Saya tak banyak menceritakan banyak hal di sini, wong acara foto-foto saja juga tidak sempat.

Saya hanya mau melemparkan sedikit bahan perenungan. Bahwa untuk beberapa hal kita memang harus belajar dari Malaysia (jadi ingat pernah nulis “Karena Kita Terlalu Banyak Mewarnai Malaysia Sejak Dahulu Kala“). Untuk kali ini kita perlu belajar suksesnya Public-Private Partnership (PPP) di Malaysia. Karena  saya di bidang infrastruktur, yang saat ini sedang menangani jalan tol dan limbah medis, saya coba membandingkan PPP antara Indonesia dan Malaysia di dua bidang itu. Ringkasnya seperti ini:

Di bidang jalan tol, kita jauh tertinggal. Panjang Tol di Malaysia sekitar 10 x dari jalan tol Indonesia. Itu dari sisi panjang, kalau diukur dari sisi rasio panjang jalan tol terhadap jumlah penduduk, kita jauh tertinggal lagi, padahal Malaysia tahun 1980-an masih belajar dari Jasa Marga. Keberhasilan ini dikarenakan pemerintah Malaysia menjamin dua variabel yang sering menjadi momok pembangunan jalan tol, yakni: ketidakpastian pembebasan lahan dan realisasi traffic/revenue. Dan hal itu tidak terjadi di Indonesia.

Di bidang penanganan limbah medis, Malaysia jauh meninggalkan kita.  Limbah medis di Malaysia diolah di incenerator yang distandarisasi.  Di Indonesia, limbah medis masih menjadi rebutan pemulung beneran dan pemulung birokrat. Kenapa di Malaysia bisa jalan? Hal ini dikarenakan penanganan limbah medis di Malaysia memakai sistem konsesi oligopoli sebagai sarana timbal balik dari law enforcement. Sistem ini cocok untuk diterapkan pada industri yang masih greenfield, seperti industri penanganan limbah medis.

Saya nggak tahu, apakah karena mbah-nya PPP dari Inggris, sehingga, PPP di Malaysia berhasil. Tapi dari semua alasan yang ada, perlu kita akui bahwa kunci awal keberhasilan negrinya Upin & Ipin memang KEBERANIAN…

Kredit foto: http://www.cbd.com.my/property/574/mid-valley- the-gardens—msc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: