Perjalanan Ikatan Suami-Suami Jauh dari Istri

Setiap minggu, saya pulang pergi Bandung – Solo, tepatnya Bandung – Kartasura. Jadi saya termasuk anggota group PJKA, Pulang Jumat Kembali Ahad, meski menggunakan moda transportasi bus. Jumat malam saya berangkat, sampai Kertasura Sabtu pagi. Minggu sorenya saya sudah harus kembali ke Bandung lagi. Alhamdulillah saya tidak merasa capek. Mungkin begini alasannya…

Banyak melakukan perjalanan menambah pertemanan dan tukar pengalaman. Di sepanjang perjalanan, kita  bisa banyak melakukan diskusi dengan teman sebelah. Saya pernah duduk bareng pak Wulfram asli Jogja yang sedang mengambil S3 Teknik Sipil, dapat ilmu green construction. Pernah duduk dengan pak Dwi, yang peneliti di Balai Sungai, dapat ilmu tentang persungaian. Pernah duduk dengan bu Ika asal Garut, dapat gossip-gossip seputar kampungnya….

Banyak melakukan perjalanan menambah temuan ide-ide baru. Di sepanjang perjalanan, kita bisa melihat-lihat perkembangan sosial ekonomi daerah yang kita lewati, menganalisis kondisi antar daerah dan mencoba menemukan rencana-rencana yang mungkin bisa diaplikasikan. Atau juga sambil melamun mencari inspirasi alur novel yang tak kunjung selesai…

Tapi dari semua alasan itu, saya pikir alasan utama yang membuat para anggota Ikatan Suami-Suami Jauh dari Istri tidak merasa lelah akibat perjalanan adalah karena kita punya tujuan: punya keluarga nun jauh  di sana, dengan limpahan kasih sayang yang luar biasa…

O, iya. Kalau saya alasannya nambah satu lagi: 80 % perjalanan, saya gunakan untuk tidur. Hi hi hi…

5 Responses to Perjalanan Ikatan Suami-Suami Jauh dari Istri

  1. yosi says:

    Wah… sekarang mbak Ida udah di Solo ya pak…. kapan dunk balik ke bandung? salam ya pak ke mbak Ida, semoga si kecil sehat selalu…. dan selamat melakukan perjalanan

  2. boy says:

    Selamat menikmati perjalanannya aja deh.. tua di jalan nih.. hihihi..

  3. boy says:

    Kabarku baik.. Aku juga jauh2an nih.. tp tidak sejauh bandung-solo sih cuman tangerang-bandung jadinya senin masih bisa dilaju langsung dari bandung walaupun suka nakal masuknya kesiangan.. hihihi

Leave a Reply

