Menunggu Hujan Reda di ITB


Sore tadi, sewaktu saya naik motor di depan ITB, tiba tiba hujan turun dengan derasnya. Saya  segera berbelok ke gedung ex-asrama ITB (sekarang menjadi Plasa Telkom) untuk berteduh. Dari situ, icon ITB, Aula Barat terlihat cukup jelas. Saya jadi teringat ketika 10 tahun yang lalu pernah beberapa kali digojlok di lapangan Aula Barat untuk bisa masuk Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT).

Sempat waktu itu kami dikerjain Senior untuk mengikatkan kotak korek api yang berisi beberapa batang korek di kepala. Jadi ketika kami menggoyang-goyangkan kepala, terdengar bunyi koclak. Nah, kotak korek itu harus kami sebut sebagai “otak”. Bisa dibayangkan setelah kami berlari-lari, push up, sit up dan sebagainya, “otak” kami mungkin saja jatuh. Pernah “otak” teman saya jatuh kemudian Senior menyuruhnya untuk mencari otaknya sambil berteriak lantang: “Di mana otakku? Di mana otakku?”  Celakanya ada peraturan bahwa barang siapa yang menertawan akan dihukum. Dan saya kena hukum. Menurut saya, lelucon itu terlalu sayang untuk dilewatkan!

Kini, sudah lebih enam tahun saya meninggalkan ITB. Teman-teman sudah banyak berkiprah di dunia nyata. Sebagian besar menjadi engineer di sektor bisnis oil & gas. Sisanya tersebar di sektor penelitian, pendidikan, perbankan dan sektor bisnis lainnya. Saya sendiri bekerja di sebuah BUMD milik Jawa Barat. Sedikit sekali diantara kami yang terjun menjadi entrepreneur.

Setelah enam tahun berlalu, di depan kampus ITB, saya mencoba melakukan introspeksi diri.  Sudahkah mengoptimalkan potensi yang dianugerahkan oleh Tuhan untuk turut memakmurkan bumi ini? Tiba-tiba di telinga saya terngiang: “Dimana otakku? Dimana otakku?…..”

Kredit Foto: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Aula_barat_itb.jpg

2 Responses to Menunggu Hujan Reda di ITB

  1. chandra says:

    haha kalibrasi otak > otaknya ditarik, terus dilepas terus kepalanya digoyang-goyang kayak boneka india.

Leave a Reply

