Pencegatan di Masjid Nabawi

Setelah shalat dua raka’at di Raudah dan mengucapkan salam di makam Rasulullah, saya berjalan pulang melalui pelataran sayap kiri Masjid Nabawi. Selarut malam itu, pelataran masjid masih penuh dengan orang-orang yang berlalu lalang. Betul-betul masjid yang tak pernah tidur.

Di tengah pelataran saya dicegat oleh dua orang pemuda. Pemuda yang satu langsung  memberi salam dan menjabat tangan saya. Perawakannya langsing dan tidak terlalu tinggi. Wajahnya tampan dan bersih. Tipikal wajahnya bukan orang arab. Sedangkan pemuda yang satu lagi, saya tak begitu memperhatikan wajahnya. Dia hanya diam di sebelah pemuda tadi.

Dengan kemampuan bahasa arab saya yang terbatas, kami mengobrol. Tentu saja dia yang dominan. Dia menanyakan nama dan asalku. Kemudian ia merangkan kalau dia berasal dari Syria. Sayang, saya tak begitu jelas mendengar waktu dia mengucapkan namanya.

Dia menanyakan aktivitasku di Indonesia. Apakah aktif di gerakan dakwah. Saya hanya menjawab cuma di pengajian kampus dan kantor. Itu pun kecil-kecilan. Lalu ia menasihatiku cukup panjang, tapi inti yang kutangkap kira-kira seperti ini, “ Saudaraku, bergabunglah dengan saudara-saudaramu di gerakan dakwah untuk menyeru kepada saudara-saudaramu lainnya. Dakwah untuk membawa manusia kepada Islam, kemudian dari Islam menuju iman…”

Saya kira dia masih akan terus berpanjang lebar. Oleh karena itu, ketika jeda sejenak, saya segera mengucapkan terima kasih atas nasihatnya sebagai isyarat untuk menyudahi obrolan kami. Setelah menyudahi pembicaraannya, kami bersalaman dan berpisah. Saya buru-buru berlalu. Baru beberapa langkah, saya dicegat oleh penjaga masjid bergamis. Dia memegang lenganku. Saya berhenti. Ternyata ada rombongan lelaki yang sedang lewat. Sekitar tujuh sampai sembilan orang. Saya tak tau, apakah mereka para syaikh atau pejabat. Setelah mereka berlalu, saya segera mempercepat langkah menuju Movenpick Hotel, tempat saya menginap. Memang sudah lepas tengah malam…

Madinah, pertengahan Ramadan 1431 H

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: