Tiga Spirit Oleh-Oleh Umrah

Alhamdulillah, pada Ramadhan tahun ini, saya berkesempatan melaksanakan umrah yang pertama kalinya. Ketika saya melafalkan “Labbaykallahumma ‘umratan”, saya betul-betul merasakan bahwa kesempatan tersebut merupakan undangan dari Allah, terlebih karena umrah ini difasilitasi oleh kantor.

Untuk lebih mengoptimalkan umrah, sebelum berangkat saya mencoba memahami filosofi umrah dari berbagai bacaan, terutama  buku “Hajj: Reflection on its Rituals”-nya Dr. Ali Syariati. Dan buku tersebut sangat bermanfaat bagi saya dalam menghayati setiap prosesi umrah yang saya lakukan.

Saya menyimpulkan, bahwa setidaknya ada tiga spirit yang mesti diperoleh oleh pelaku umrah. Pertama adalah spirit egalitarian di hadapan Tuhan yang merupakan inti dari ihram. Pakaian ihram telah menuntun manusia untuk mengubur pandangan yang mengukur keunggulan berdasarkan ras dan status sosial.  Bahwa di hadapan Allah, semua manusia itu sama, kecuali taqwa yang akan membedakannya.

Kedua adalah spirit tauhid yang merupakan inti dari makna thawaf. Bahwa apa pun yang dilakukan manusia dalam hidupnya hendaknya selalu menjadikan Allah sebagai porosnya. Ka’bah melambangkan ketetapan dan keabadian Allah, sedangkan manusia yang mengelilinginya melambangkan aktivitas dan transisi makhluk-makhluk-Nya dengan Allah sebagai satu-satunya tujuan.

Ketiga adalah spirit ikhtiar yang merupakan inti makna sa’i. Bahwa pertolongan Allah akan datang setelah kita menyempurnakan ikhtiar. Seperti pertolongan pada Siti Hajar yang datang setelah tujuh kali bolak-balik mencari air dari Shafa ke Marwah.

Dan kemabruran ibadah umrah, hemat saya baru bisa dibuktikan dengan seberapa besar ketiga spirit di atas dibawa oleh pelaku umrah ke tempat asalnya, bukan berdasarkan pengalaman-pengalaman metafisik yang seringkali diperbincangkan oleh masyarakat kita…

Kredit foto: http://ceritahaji.com/2008/12/27/galeri-foto-kabah/

Leave a Reply

