The 7 Habbits and The 7 Verses of Quran

Memang sudah banyak tulisan-tulisan yang membahas 7 Habbits dari kaca mata Islam, namun masih jarang yang menyandingkan masing-masing habbit dengan ayat-ayat Al Quran yang sesuai. Dari berbagai sumber, saya mencoba memilih 7 ayat yang menurut saya paling cocok dengan 7 habbit-nya Stephen R. Covey.

Semoga bisa menjadi bahan diskusi. Semoga kita semakin meyakini Al Quran sebagai petunjuk dalam menjalani segala dimensi kehidupan. Dan lebih dari itu: Mengaplikasikannya dalam kehidupan kita…

Habbit 1: Be Proactive

Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sampai mereka merubah keadaan mereka sendiri (Q.S. Ar Ra’d: 11)

Habbit 2: Begin with the end in mind

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang akan dikerjakannya untuk hari esok…(QS. Al Hasyr: 18)

Habbit 3: Put first things first

Dan Allah SWT telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan). Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.” (Ar-Rahman: 7-9)

Habbit 4: Think Win/Win

Dan (ingatlah kisah) Dawud dan Sulaiman, diwaktu kedua-duanya memberikan keputusan mengenai tanaman, kerana tanaman itu dirusakkan oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu, maka Kami telah memberikan ilmu kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu. (Al-Anbiya’: 78-79)

Note: Menurut riwayat Ibnu Abbas bahwa sekelompok kambing telah merusak tanaman di waktu malam. Maka pemilik tanaman mengadukan hal ini kepada Nabi Daud a.s. Nabi Daud memutuskan bahwa kambing-kambing itu harus diserahkan kepada pemilik tanaman sebagai ganti tanam-tanaman yang rusak. Tetapi Nabi Sulaiman a.s. memutuskan supaya kambing-kambing itu diserahkan sementara kepada pemilik tanaman untuk diambil manfaatnya sedangkan pemilik kambing diharuskan mengganti tanaman itu dengan tanam-tanaman yang baru. Apabila tanaman yang baru telah dapat diambil hasilnya, pemilik kambing semula boleh mengambil kambingnya kembali. Putusan Nabi Sulaiman a.s. ini adalah keputusan yang lebih tepat.

Habbit 5: Seek first to understand, then to be understood

“Tiadalah balasan kebaikan, melainkan kebaikan pula, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan (Ar-Rahman 55:60-61)

Habbit 6: Synergize

Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.  (an-Nisaa’: 1)

Habbit 7: Sharpen the saw

Maka apabila Engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras. (QS.Al Insyirah: 7)

Kredit foto: http://www.ei-india.com/assetscope-june-2006/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: