Bogor Ring Road, Along the Road with Records

Alhamdulillah, Senin, 23 November lalu, saya turut menghadiri peresmian operasi Jalan Tol Bogor Ring Road (BRR) Seksi I. Saya turut bahagia menyaksikannya. Meskipun sedikit, saya pernah terlibat dalam pembangunan jalan tol ini, dari mulai sebagai pengusul konsep logo, anggota tim review RKAP sampai menjadi bala dupa tim Bantuan Teknis BRR. By the way, saya mencatat sedikitnya ada 5 rekor yang dihasilkan oleh jalan tol ini, yakni:

  1. Jalan tol pertama yang sahamnya dimiliki oleh BUMD secara signifikan. Konsesi BRR dimiliki oleh PT Marga Sarana Jabar, joint venture company antara BUMN PT Jasa Marga Tbk dengan BUMD PT Jasa Sarana. Dengan porsi PT Jasa Sarana sebesar 45%, maka jalan tol ini adalah jalan tol pertama yang sahamnya dimiliki oleh BUMD secara signifikan!
  2. Ruas jalan Tol terpendek. Konsesi BRR memang 11 km, namun dengan pembangunan bertahap, baru seksi I yang dibangun, yakni dengan panjang 3,8 km. Jadi ini adalah ruas jalan tol terpendek di Indonesia!
  3. Jalan tol pertama yang beroperasi dengan dana land capping. Land capping adalah penetapan harga tanah yang diperuntukkan bagi proyek jalan tol yang secara finansial sebenarnya layak, namun harga tanahnya tinggi. Land capping ini memungkinkan investor hanya menanggung pembebasan tanah hingga 110 persen atau menanggung 2 persen dari nilai investasi jalan tol, sedangkan selebihnya adalah tanggungan pemerintah. Dengan telah diterimanya reinbursment land capping oleh BRR. Inilah jalan tol pertama yang beroperasi dengan subsidi land capping!
  4. Jalan tol yang pertama beroperasi dengan  dg konsinyasi tanah ke pengadilan. Pengadaan tanah memang masih menjadi critical point dalam pembangunan jalan tol. BLU dan land capping belum cukup untuk menyelesaikan pembebasan lahan. Peran pemerintah (daerah) sangat diperlukan dalam penyelesaian pengadaan lahan, termasuk melalui mekanisme konsinyasi tanah ke pengadilan. Dan di BRR Seksi I terdapat dua segmen tanah yang proses pembebasannya melalui konsinyasi di pengadilan!
  5. Jalan tol pertama yang beroperasi sebelum kredit utama dikucurkan. Panjangnya negosiasi membuat Perjanjian Kredit antara MSJ dan Bank Sindikasi belum ditandatangani sampai konstruksi seksi I selesai. Sebagian besar konstruksi dibiayai dari ekuaitas dan bridging loan. Jadi inislah ruas jalan tol pertama yang beroperasi sebelum kredit utama mengucur!

Jadi tag line BRR, Along the Road with You, sebenarnya bisa dirubah menjadi Along the Road with Records. Selamat kepada Tim Marga Sarana Jabar, semoga jalan tol tersebut mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah Bogor dan Jawa Barat secara umum. Semoga seksi selanjutnya segera terwujud…

5 Responses to Bogor Ring Road, Along the Road with Records

  1. Angga Sasmitapura says:

    Selamat sore pak Agus Fitriandi,
    Saya Angga Sasmitapura, mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi Unpar. Saya pembaca blog bapa yang berjudul “Business Ideas”, dan saya mendapatkan banyak referensi dan bacaan dari blog bapak. Namun, saat ini saya sedang mengerjakan tugas pre-akhir di sektor jalan tol. Adapun yang menjadi objek penelitian saya salah satunya adalah bogor ring road. Saya sangat kesulitan Pak, karena jalan tol maupun infrastruktur adalah bidang baru untuk saya. Saya juga membaca blog ini, yg memberikan keterangan mengenai BORR. Pak, kalau boleh tahu apakah BORR ini merupakan proyek PPP (public private partnership)? Terima kasih Pak.Salam

    • Salam kenal, Mas Angga. Terima kasih atas comment-nya. Betul BORR termasuk PPP.

      • Angga Sasmitapura says:

        boleh tau Pa, mengapa proyek tersebut termasuk PPP? Apa dukungan pemerintah nya pak? terimakasih Pa.
        Salam sukses

      • Karena Pemerintah melibatkan peran swasta dalam pembangunan infrastruktur, terutama pendanaannya (investasi). Kewajiban Pemerintah dalam penyediaan infrastruktur terpenuhi, sedangkan pihak swasta akan menerima pengembalian investasi melalui skema Built, Operate, Transfer (BOT).

  2. Angga Sasmitapura says:

    terima kasih pa untuk infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: