4 Tips Mencontreng yang Bertanggung Jawab

contreng-mangMenjelang Hari Pencontrengan, 9 April  besok, masih banyak masyarakat Indonesia yang bingung untuk memilih partai mana dan (apa lagi) caleg siapa. Termasuk beberapa saudara, teman dan tetangga saya. Oleh karena itu, di sisa waktu yang ada, saya sarikan 4 tips mencontreng partai/caleg yang bertanggung jawab, yakni:

1.       Lihat Platform Partai

Apa dasar pendirian partai yang Anda pilih? Apa visi, misi dan program kerja mereka? Memang tidak ada jaminan platform yang bagus nantinya akan dilaksanakan mereka. Tapi kalau platformnya saja amburadul,  apa yang akan mereka perjuangkan kelak setelah menang?

Berbicara masalah platform, kita tidak bisa lepas dari ideologi Partai. Kalau diibaratkan sebuah rumah susun (Rusun), ideologi adalah pondasinya, platform adalah kerangkanya, caleg adalah pengurusnya dan Anda adalah penghuninya.  Kalau pondasi dan struktur bangunan lemah, bagaimana Rusun Anda akan bertahan dari goncangan gempa bumi  beberapa skala richter saja?

2.       Lihat Track Record Partai

Track record sangat penting. Track record-lah yang bisa memberi keyakinan Anda bahwa partai yang Anda pilih bisa mewujudkan platform yang telah mereka susun. Kalau Anda mengenal partai dengan track record yang bagus, jangan pertaruhkan dengan partai baru yang belum jelas track record-nya.  Masalahnya jadi lain, kalau Anda tak bisa menemukan partai yang ber-track record baik. Kalau Anda rajin mengikuti berita di media massa, Anda tidak akan kesulitan melihat track record sebuah partai dan para anggotanya.

3.       Lihat Track Record Caleg

Kalau pengurus Rusun itu nakal, bagaimana Anda akan merasa aman menyimpan barang-barang berharga di Rusun? Kalau pengurusnya jorok dan tidak disiplin, bagaimana Anda akan merasa nyaman tinggal di dalamnya?

Kalau Anda mengenal caleg yang berkualitas, track record-nya bagus, maka Anda tinggal mudah saja mencontrengnya. Tapi kalau Anda tidak mengenal siapa pun, cukup contreng nama partai yang Anda pilih berdasarkan 2 point di atas.

4.       Tanya Orang yang Anda Percaya

Kalau Anda memang tidak mampu atau tidak sempat untuk melakukan analisis 3 point di atas atau tidak yakin dengan hasil analisis sendiri, ada cara yang paling mudah. Bertanyalah kepada orang yang Anda percaya kapasitas dan kejujurannya.  Jangan sampai kebingungan Anda menjadikan Anda sebagai Golput.  Ingat hasil contrengan Anda turut menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: