Bagaimana Mama Lauren dan Paranormal Meramal

mlSudah beberapa hari ini diskusi makan siang teman-teman kantor bertema ramalan 2009-nya Mama Lauren (ML). Di bidang politik, ML bilang akan terjadi pergolakan politik besar-besaran; Dua politisi kawakan tewas terbunuh akibat akumulasi persaingan. Di bidang ekonomi:  Banyak cobaan di sisi properti, pertambangan, perkebunan, penerbangan, perkapalan, dan perminyakan; Banyak perusahaan yang gulung tikar dan mem-PHK karyawannya; Investor di bisnis properti sebaiknya lebih bersabar; Bursa saham akan ditutup di beberapa negara termasuk Indonesia; Harga sandang dan pangan juga melonjak naik. Di bidang entertainment: Wabah kawin cerai masih tetap marak; Tapi ada dua pasangan yang sudah bercerai akan rujuk kembali; Indonesia juga akan kehilangan tujuh bintang terkenal, yakni empat laki-laki dan tiga perempuan. Dua laki-laki dan satu perempuan di antaranya meninggal karena narkoba, dan empat orang lainnya karena sakit. Tentang alam (bencana) di antaranya:  Curah hujan terbesar akan terjadi pada Desember 2008 hingga Januari 2009; Musim pancaroba akan terjadi pada April dan Mei serta Oktober-November; Gempa bumi juga terjadi di sejumlah wilayah yang akan memakan banyak korban jiwa dan materi; Akan terjadi gunung meletus; Bencana banjir di DKI Jakarta juga tak bisa dielakkan; Banjir dan tanah longsor akan terjadi di daerah Jawa Barat; Gempa dan tanah longsor juga masih mengintai Sumatera Barat, Tapanuli bagian barat, dan Aceh bagian Barat; Sedangkan air laut yang pasang akan mengalir menuju sungai-sungai di Kalimantan.

Menyikapi ramalan ML tersebut saya cuma bilang ke teman-teman: Tidak ada satu mahluk pun yang tahu pasti tentang masa depan. Hanya Tuhan yang tahu! Manusia hanya bisa memprediksi berdasarkan data historis berikut analisisnya. ML pun demikian juga. Saya berkeyakinan ML itu rajin mengikuti berita media massa serta membaca kolom analisis politik dan ekonomi di surat kabar. Tapi saya tidak yakin kalau ML berlangganan data release-nya lembaga survey, seperti Biro Pusat Statistik (BPS), AC Nielsen, CIC, dll. Lihat saja hasil prediksinya tentang 2009. Sebagian besar prediksi tersebut mah hanya ekstrak dari analisis trend kondisi politik, sosial dan ekonomi di Indonesia yang bisa kita tangkap juga apabila kita rajin membaca dan mengikuti berita.  Politik di 2009 pasti akan bergolak kan memang ada Pemilu. Industri properti dan manufaktur berorientasi ekspor memang lagi turun akibat krisis financial global yang berakibat pada banyaknya PHK. Trend harga minyak dan batu bara sejak pertengahan 2008 kemarin memang juga turun. Bursa saham 2008 kemarin juga sempat ditutup karena anjlok drastis. Harga sandang pangan naik ya karena memang inflasi yang cukup tinggi. Prediksi di entertainment tidak perlu saya komentari, itu semua bisa kita peroleh kalau rajin mengikuti infotainment.  Kalau masalah cuaca dan gempa bumi, kita juga bisa prepare dengan menyimak prediksi dari BMG.

Untuk membuat diferensiasi dengan analisis para pakar, ML merumuskan beberapa prediksi yang lebih detil dan dramatis. Untuk itu ML memakai bilangan yang definitif. Misal 2 pasangan artis akan rujuk kembali. Tapi kalau menyebut 2 politisi kawakan akan terbunuh, saya pikir ini lebih merupakan upaya dramatisisasi agar prediksinya terkesan magis.

Terus ada yang bertanya, bagaimana kalau ML atau paranormal mendapat bisikan dari roh halus atau jin. Saya bilang bisa saja paranormal itu mendapat bisikan dari jin usil/setan. Ingat jin usil/setan, bukan roh orang yang sudah meninggal. Tapi tetap saja jin usil juga tidak bisa mengetahui masa depan, mereka juga seperti kita hanya memprediksi berdasarkan data historis dan analisisnya. Jin/setan juga punya BPS. Mungkin mereka juga mengintip hasil survey nya lembaga survey manusia. Setan/jin usil memang berkepentingan menjerumuskan manusia agar mempercayai dukun/paranormal. Mereka melengkapi diri dengan data-data untuk mensuplai bisikan-bisikan ke paranormal yang “mendekati” akurat sehingga makin banyak manusia yang dijerumuskan. Dan kebetulan mereka punya advantage dari sifatnya yang bisa melihat manusia tapi tidak bisa dilihat manusia. Mereka melengkapi data-data survey dengan perilaku/gerak-gerik manusia yang mendukung ramalan.

Lain lagi kalau ramalan bintang bulanan (horoscope) di majalah, internet atau mobile (sms), itu mah hanya permainan kata-kata. Administrator hanya mengacak data base kalimat: kondisi dan saran. Misal hati-hati dengan kondisi kesehatan Anda. Anda akan mendapat rezeki tak terduga. Hubungan dengan pasangan renggang. Itu kan cuma kondisi-kondisi umum yang bisa berlaku kepada siapa saja secara acak. Kalau mau lebih canggih sebenarnya administrator bisa bermain dengan data statistik. Tapi tetap saja itu semua tidak bisa menggambarkan masa depan. Mau-maunya ya orang kirim sms ke REG XXXX untuk mendapatkan ramalan acak. Mau-maunya ya ada orang pindah kerja gara-gara ramalan tidak cocok kerja di air. Lebih bodoh lagi ramalan jodoh yang hanya melalui nama orang dan calon pasangannya.

Nah, dengan mengetahui pola paranormal/dukun bekerja seperti dipaparkan di atas, kita harus sadar daripada percaya kepada paranormal mending rajin mengikuti informasi dan menyimak analisis dari pakar di bidangnya. Secara agama, mendatangi dukun itu termasuk syirik karena menganggap ada yang lebih pintar dari Tuhan. Secara logika mendatangi dukun itu hal yang bodoh karena mereka sama-sama tidak tahu. Secara psikologi, mempercayai dukun itu termasuk sakit jiwa karena tak percaya potensi diri.

5 Responses to Bagaimana Mama Lauren dan Paranormal Meramal

  1. tribas says:

    hahahahaha…. jgn direpotin mas..

  2. Hehehe. Biar ada pencerahan Mas…

  3. humanis says:

    setuju mas atas ulasannya, tapi apa bener yah jin usil/setan punya BPS juga. Berarti mereka juga penemu teori probabilitas dan ada juga analisa peluangnnya juga kali yah hehehe….

  4. He he he. Aku pikir mereka punya BPS, Mas. Mereka punya data populasi manusia berikut atribut-atributnya: jenis kelamin, penghasilan, karakter umum., dll. Dari data itu mereka membuat strategi godaan yang paling jitu, juga untuk mobilisasi jin usil/setan yang paling tepat menggoda. Mereka kan ga mesti harus nemuin teori propabilitas Mas, kan bisa nyontek ke manusia. Bahkan surveynya bisa makai hasil survey manusia. Keliatannya curang ya. Tapi begitulah ia dicipta, biar manusia hati-hati…

  5. fadil says:

    jalankan kehidupan kalian masing-masing’ karna semua hanya ALLAH yg menentukannya’ jangan merasa dirimu benar dan jangan menyalahkan orang ketika sedang berada dalam kesalahannya’karna setiap manusia ga luput dari kesalahan’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: