Geothermal Direct Use

geothermal-direct-useSore kemarin saya berdiskusi dengan beberapa senior di Dinas Pertambangan & Energi Provinsi Jawa Barat. Salah satu temanya adalah pemanfaatan langsung panas bumi (direct use).  Beberapa waktu yang lalu mereka mengadakan studi banding ke area panas bumi Lahendong, Sulawesi Utara. Pertamina Area Geothermal Lahendong telah memasok uap sebesar 4 ton per jam secara cuma-cuma untuk pabrik gula aren Masarang yang berkapasitas produksi terpasang sebesar 2,5 ton per hari. Jadi pabrik ini merupakan pabrik gula aren pertama di Indonesia dan pabrik gula aren pertama di dunia yang menggunakan energi panas bumi sebagai bahan bakar pemrosesannya.

Nah kalau di Jawa Barat sendiri bagaimana? Di Pangalengan, panas bumi ini telah  dimanfaatkan pada budidaya jamur dan kentang untuk mensterilkan media tanam yang sebelumnya dikukus dengan energi dari BBM. Selain digunakan untuk mensterilkan media tanam, energi panas bumi bisa digunakan untuk proses pengeringan produk pertanian dan destilasi minyak atsiri. Teknik pengeringan produk pertanian itu telah diterapkan pada tiga pabrik pengeringan daun teh, yakni di Malabar, Kertamanah dan Purbasari, Pangalengan. Sedangkan di area PLTP Kamojang, Garut, akan dibangun pilot project pemanfaatan panas bumi untuk industri pengilangan minyak akar wangi.

Pemanfaatan utama energi panas bumi sebetulnya ditujukan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).  Namun sumur-sumur yang produksi uapnya sudah decline dan atau tak cukup untuk memasok uap PLTP, bisa dimanfaatkan untuk keperluan non listrik. Ini yang disebut dengan pemanfaatan langsung (direct use), yakni pemanfaatan energi dan atau fluida panas bumi untuk keperluan non listrik, seperti untuk agroindustri, proses industri dan pariwisata.

Nah dari diskusi ini ada hal unik tentang pemanfaatan panas bumi secara langsung di Indonesia yang betul-betul Indonesia banget. Yakni pemanfaatan air limbah panas bumi oleh beberapa masyarakat di Lahendong untuk bisnis ayam potong. Bukan untuk sterilisasi kandang, tapi untuk mempermudah pencabutan bulu ayam yang baru dipotong. Yang lebih lucu lagi di beberapa instalasi PLTP sering digunakan penduduk sekitar untuk menjemur pakaian. Sampai-sampai pihak PLTP membuat papan larangan menjemur pakaian. Ha ha ha.

Ayam rasa sulfur

Advertisements

One Response to Geothermal Direct Use

  1. muleduck says:

    ha…ha…ha….ha.. i like this. kalau dekat dari tempat saya. saya pasti sudah mangkal disitu buat masak bulu ayam untuk pembuatan tepung bulu. ada yang punya pengalaman buat tepung bulu / feather meal ? share ke aku ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: