Menjalin Sinergi antar BUMD Provinsi Jabar

Selasa sore kemarin, 9 September, saya mengikuti acara forum silaturahim BUMD-BUMD Pemprov Jawa Barat yang diprakarsai oleh PT Jasa Sarana. Hadir di situ perwakilan Direksi dan Komisaris BUMD Jabar: PT Bank Jabar, PT Agronesia, PT Jasa Sarana, PD Agribisnis dan Pertambangan (PDAP) serta PD Jasa dan Kepariwisataan (PD Jawi). Ada dua BUMD yang belum bergabung, yakni PT Tirta Jabar yang masih dalam revitalisasi di bawah manajemen PT Jasa Sarana serta PT Bank Perkreditan Rakyat (PT BPR). Forum ini mirip-mirip BUMN Executive/CEO Club lah. Saya hadir di situ bukan sebagai salah satu executive BUMD, tapi karena diminta bantuan untuk mengurus acara Kultum (Kuliah Tujuh belas Menit) menjelang buka puasa bersama. Ustadznya Dr. Asep Zainal Aushof, salah satu dosen saya di kampus dulu.

Acara ini di buat untuk menjalin kembali sinergi antar BUMD Pemprov. Konon sih Badan Koordinasi Perusahaan-Perusahaan Daerah Pemprov Jabar sudah ada, namun gebrakan sinergitasnya masih belum terasa signifikan.

Seperti kita ketahui, kondisi BUMD-BUMD Pemprov Jabar beragam. Beberapa BUMD memang telah membangun dirinya menjadi entitas bisnis yang profesional, terutama BUMD yang telah berbentuk PT, namun secara keseluruhan BUMD-BUMD masih memiliki kondisi rata-rata sebagai berikut: 1. Tingkat produktifitas dan utilitas asset yang masih rendah; 2. Pola manajemen masih cenderung birokratis yang menyebabkan kurangnya tingkat adaptif dan inovasi bisnis; 3. Masih kurang berorientasi terhadap pasar, kualitas dan kinerja; 4. Kurangnya marketing; 5. Masih rendahnya tingkat profitabilitas, kondisi ini adalah konsekuensi dari keempat kondisi sebelumnya dan 6. Kondisi-kondisi tersebut masih ditambah dengan terkotak-kotaknya usaha masing-masing BUMD. Sinergi antar BUMD diharapkan dapat mengakselerasi perbaikan kondisi BUMD tersebut, dengan lingkup sinergi sebagai berikut:

1. Kerja sama penanganan proyek

Banyak proyek yang bisa disinergikan sesuai kompetensi masing-masing BUMD. Misalnya proyek pembangunan Rumah Susun (Rusun) Jabar bisa diakselerasi dengan adanya sinergi PT Jasa Sarana (kompetensi, development), PD Jawi (asset) dan Bank Jabar (Pendanaan). Proyek lainnya misalnya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di pedesaan yang dilakukan oleh PT TGR (SDA air), PT Jabar Energi- Perusahaan Anak PT Jasa sarana- dan Bank Jabar (Pendanaan).

2. Joint marketing

Program marketing bersama akan lebih efektif untuk produk/bidang bisnis yang terkait. Misal program kerja sama pengolahan dan pemasaran produk bentonit PDAP dan PT Jabar Energi untuk memasok kebutuhan bentonit untuk drilling di oil & gas industry. Program joint marketing juga bisa dilakukan untuk produk/bidang bisnis yang tidak terkait. Contoh sederhananya adalah penggunaan produk kuliner BMC PT Agronesia atau penggunaan hotel-hotel PD Jawi dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh BUMD.

3. Knowledge sharing

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa tingkat kondisi BUMD tidaklah seragam. Knowledge sharing memungkinkan untuk salaing membangun business management yang lebih efektif dan efisien, baik dalam penanganan kasus operasional, SDM, hukum dan keuangan.

Kultum

Di sesi kultum, Dr. Asep ZA memaparkan bahwa bulan Shaum Ramadan ini melatih kita untuk lebih bisa mengendalikan feeling, willing dan thingking. Pengendalian ketiga potensi inilah yang menentukan martabat kemanusiaan kita. Tingkat pengendalian terhadap tiga komponen itu mesti sangat diperhatikan oleh para pejabat. Dr. Asep ZA juga menyentil audience dengan teknik menertawakan diri sendiri atas beberapa perilaku-perilaku yang sering dianggap sepele namun sebenarnya menunjukan kurang dikendalikannya feeling, willing, thinking. Dan meskipun audience sudah senior, mereka saling bercanda dengan tunjuk-menunjuk. Hi hi hi. Salah satu Direktur BUMD bilang ke saya, ” Semuanya kena sentil.”

Pokoknya acara silaturahim BUMD-BUMD Pemprov Jabar kemarin cukup berhasil, setidaknya mencairkan kebekuan komunikasi selama ini. Saya berharap forum informal silaturahim ini berlanjut, sehingga sinergitas bisnis antar BUMD bukan sekedar wacana namun berlanjut pada program nyata. Tentunya untuk kemajuan Jawa Barat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: