Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) di Jawa Barat

Hari ini ada hajatan besar di GOR Saparua – Bandung, Launching Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) di Jawa Barat oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Erman Suparno, dan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Dalam sambutannya pak Heryawan mengkampanyekan program penyerapan tenaga kerja dari sektor pertanian dan peternakan. Hal ini mengingat 70% penduduk Jabar tinggal di wilayah pedesaan, dengan potensi pertanian, peternakan dan perikanan yang paling feasible untuk dikembangkan sebagai penyerap pengangguran. Sehubungan dengan program ini, Pak Heryawan memaparkan minat investor dan pasar Timur Tengah akan bidang pertanian dan peternakan di Jawa Barat.

Menakertrans selain memberikan sambutan, juga melantik Pengurus Paguyuban Pedagang Mie Bakso se Indonesia. Mengapa mie bakso? Pak Erman memaparkan bahwa usaha  mie bakso cukup berperan signifikan dalam sektor UKM, dari 49 juta unit UKM, 22% diantaranya adalah usaha mie bakso. Usaha mie bakso ini turut juga memberi  multiplier effect bagi pertumbuhan usaha lainnya seperti industri mie, kecap, saos, air minum dalam kemasan, tusuk gigi, dll, yang apabila dihitung bisa mencapai sekitar 32 industri terkait. Jadi usaha mie bakso memang cukup signifikan dalam menyerap pengangguran di Indonesia!

Pengangguran memang memang masih menjadi permasalahan bangsa yang mesti segera ditanggulangi bersama. Di Jawa Barat sendiri, terdapat 6% pengangguran yang berarti berjumlah sekitar 2,5 juta orang, ini belum termasuk pengangguran terselubung.

Saya sangat antusias, saat pak Erman memaparkan salah satu program Depnakertrans, yakni Mobile Training Unit (MTU), team penyuluh ketrampilan UKM mobile ke desa-desa. Saya berharap team ini tidak hanya mengajarkan teknik budi daya dan pengolahan saja, tapi juga menularkan virus kewirausahaan bagi masyarakat desa sekaligus membekali masyarakat dengan keterampilan membuat rencana bisnis sederhana serta pelatihan manajerial usaha. Dengan pelatihan integral inilah, perekonomian pedesaan bisa berkembang yang pada gilirannya akan mengikis jumlah pengangguran.

Good News

Pada acara ini pengunjung dipersilahkan menikmati mie bakso secara cuma-cuma yang disediakan oleh sekitar 100 gerobak dan pikulan tukang bakso. Pengunjung juga bisa mencari info kerja dan melakukan pengajuan lamaran kerja pada beberapa stand perusahaan-perusahaan yang turut meramaikan launching GPP ini.

Pada kesempatan tersebut, pak Erman juga meresmikan Program Layanan SMS Info Kerja, sebuah produk dari PT Jabar Telematika – PT Jasa Sarana, BUMD Jawa Barat. Program layanan ini merupakan sarana komunikasi antara pemberi kerja (employer)  dan pencari kerja (jobseeker) yang menyediakan fitur info lowongan kerja, lamaran kerja via SMS, info panggilan kerja serta tips sukses berkarir. Bagi yang berminat, cukup ketik REG <spasi> JOB, kirim ke 3689.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: